Jumat, 08 Desember 2017

Pengertian Row, Column, Cell dan Range pada Microsoft Excel

Pengertian Microsoft Excel beserta kegunaannya adalah Program yang memungkinkan penggunanya untuk membuat lembar kerja spreadsheet dengan berbagai fitur kalkulasi akurat untuk pengolah data berupa perhitungan angka Aritmatika atau pembuatan grafik.
Komponen Microsoft Excel
  • Row Heading, penunjuk lokasi baris dalam sebuah lembar kerja (worksheet) Excel
  • Column Heading, penunjuk lokasi kolom dalam sebuah lembar kerja Excel
  • Cell Pointer, penunjuk sel yang aktif
  • Formula Bar, Tempat di mana rumus diketikkan untuk digunakan dalam sebuah lembar kerja Excel.
Kegunaan dan Fungsi Microsoft Excel
  • Untuk membuat laporan keuangan akuntansi.
  • Untuk keperluan administrasi sebuah instansi.
  • Untuk mengurutkan beragam data baik pengolah angka maupun kata.
  • Untuk melakukan perhitungan otomatis dengan menggunakan rumus dan logika.
Pengertian Row pada Microsoft Excel
Adalah dalam istilah Indonesianya yaitu baris, di Microsoft Excel baris ini diberi tanda berupa angka 1 sampai sampai 1.048.576 atau biasa diartikan jumlah baris di Excel adalah 1.048.576 (Excel 2007 ke atas).
Pengertian Column pada Microsoft Excel
Adalah kolom di Excel yang di tandai dengan abjad A sampai dengan XFD atau jika dijumlahkan ada sekitar 16.384 kolom.
Pengertian Cell pada Microsoft Excel
Adalah pertemuan antara Row dan Column seperti misalnya Sel A1 artinya berada di kolom A dan dibaris ke 1, alamat sel ini akan terlihat dibagian Name Box, Name Box inilah yang menunjukan pada kita dimana posisi sel yang sedang aktif.Name Box Excel 2013
Pengertian Range pada Microsoft Excel
Adalah gabungan dari beberapa sel atau bisa juga di artikan gabungan dari beberapa kolom atau beberapa baris misal range A1:A5. Untuk berpindah antar sel bisa dengan menggunakan tombol-tombol pada keyboard atau bisa juga dengan langsung mengklik pada sel yang di inginkan, berikut tombol yang bisa di gunakan:
  • Berpindah ke bawah menggunakan tombol Arrow down atau bisa juga dengan tombol Enter.
  • Berpindah ke atas menggunakan tombol Arrow Up.
  • Berpindah ke kiri menggunakan tombol Arrow Left.
  • Berpindah ke kanan menggunakan tombol Arrow Right.
  • Untuk edit pada teks yang ada di sel bisa dengan cara melakukan double klik atau bisa juga dengan menekan tombol F2.
  • Membuat sel menjadi Absolut dengan menekan tombol F4
Kelebihan Microsoft Excel
  • Microsoft Excel sebagai program populer memiliki kelebihan/keunggulan diantaranya yaitu :
  • Antarmuka pengguna yang userfriendly.
  • Tersedianya fitur untuk membuat grafik data.
  • Adanya fitur pemrograman VBA.
  • Kemampuan menyimpan data dalam jumlah besar.
  • Mudah dioperasikan jika paham rumus dan logika dalam Excel.
  • Kekurangan Microsoft Excel
Kekurangan Microsoft Excel
  • Merupakan program berlicensi sehingga harus membayarnya kepada pengembang.
  • Jika belum tahu rumus dan logika excel, akan mengalami kesulitan dalam mengoperasikannya.
  • Jika salah menggunakan rumus akan berakibat pada kesalahan membaca data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar